FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN & PERKEMBANGAN TANAMAN

Proses pertumbuhan dan perkembangan tidak akan berlangsung jika tidak didukung oleh berbagai faktor. Faktor-faktor yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan adalah sebagai berikut :

Faktor Internal
Faktor ini berasal dari dalam tumbuhan itu sendiri seperti faktor-faktor berikut :

1. Gen
 Gen adalah materi genetic yang menentukan dan mengatur wujud dan bentuk serta pertumbuhan dan   perkembangan suatu tumbuhan nantinya

2. Hormon
Hormon adalah zat kimia yang dihasilkan oleh tumbuhan itu sendiri dan berfungsi sebagai zat         tumbuh. Hormon yang umum kita kenal adalah sebagai berikut :
1)      Auksin
Hormon pertumbuhan yang memiliki fungsi untuk merangsang dan mendorong pertumbuhan pada daerah apeks sehingga terjadi dominansi apikal, yaitu pertumbuhan hanya terjadi pada bagian pucuk cabang samping. Auksin juga berfungsi merangsang cambium untuk membentuk xylem dan floem, menghambat rontoknya daun dan buah, merangsang terjadinya pembuahan tanpa penyerbukan partenokarpi sehingga terbentuk buah tanpa biji.  
2)      Sitokinin
Hormon yang berfungsi menghambat penuaan dan diminansi apikal, mempengaruhi digerensiasi akar, membentuk bunga dan buah, membentuk akar dan batang.
3)      Giberelin
Berfungsi dalam pembentukan biji dan serbuk sari, memperbesar ukuran buah dan mendorong pembentukan tunas.
4)      Asam Absisat
Fungsinya berlawanan dengan auksin dan gliberelin. Asam absisat berfungsi dalam penuaan dan gugurnya daun serta dominansi biji.
5)      Gas Etilen
Berfungsi untuk pematangan buah, serta menghambat pertumbuhan dan perkembangan akar, daun dan bunga.

www.sabenggo1.blogspot.com

Faktor eksternal,
Faktor ini berasal dari lingkungan dan tempat hidup tumbuhan tersebut.
a.       Cahaya.
Banyaknya cahaya yang dibutuhkan tidak selalu sama pada setiap tumbuhan. Pada umumnya cahaya menghambat pertumbuhan meninggi, karena cahaya dapat mengurai hormon auksin. Pertumbuhan ditempat gelap disebut Etiolasi
b.      Suhu
Suhu berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan karena suhu berkaitan dengan kerja enzim dalam metabolism sel. Enzim bekerja pada suhu tertentu yang disebut dengan optimum. Umumnya tumbuhan dapat tumbuh pada suhu 150 - 380
c.       Kelembapan
Kelembapan berkaitan dengan proses transpirasi. Semakin tinggi proses transpirasi maka kadar air akan semakin berkurang hingga tumbuhan harus menyerap air dan nutrisi yang tinggi untuk mengimbangi proses transpirasi tersebut.
d.      Nutrisi (Air dan Hara)

Air dan hara sangat penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan. Air dibutuhkan dalam fotosintesis dan sebagai zat pelarut dalam sel. Hara berguna untuk tumbuh kembang tumbuhan. Hara yang dibutuhkan adalah makronutrien (Karbon, hydrogen, nitrogen, fosfor, kalsium, kalium dan magnesium) dan mikronutrien (seng, klor, besi, nikel dan molibdenum)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN & PERKEMBANGAN TANAMAN Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown
Powered by Blogger.